Home » » Turunkan Berat Badan dengan Bersepeda

Turunkan Berat Badan dengan Bersepeda

Written By Unknown on Saturday, June 22, 2013 | 6:19 PM

Turunkan Berat Badan dengan Bersepeda
Manfaat Olahraga - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya ialah dengan rajin olahraga. Olahraga diperlukan untuk memperlancar proses metabolisme tubuh yang dikeluarkan dalam bentuk keringat, serta membakar lemak menumpuk. Bersepeda merupakan salah satu bentuk olahraga aerobik yang sangat menyenangkan. Selain itu, bersepeda juga bisa lebih mendekatkan diri dengan lingkungan sekitar.
Namun, tentunya harus ada target yang mesti dicapai dengan aktifitas bersepeda tersebut. Sebut saja misalnya, dalam lima bulan ke depan, berat badan saya harus bisa turun hingga sepuluh koligram. Untuk itulah diperlukan adanya suatu program latihan teratur serta kontrol terhadap makanan.
Berikut panduan olahraga sepeda yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda lakukan:
1. Planning Program
Ingatlah, dalam setiap kegiatan apapun yang anda lakukan, selalu buat planning program yang jelas. Dengan demikian, anda akan lebih mudah mencapai target yang sudah anda tetapkan sebelumnya. Planning Program tersebut meliputi; jadual latihan, jadual makan, jadual istirahat/tidur. Yang terpenting, ikuti planning yang sudah anda tetapkan secara kensisten dan teratur.
2. Pemanasan dan Pendinginan
Pemanansan atau warm up sangat perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya cedera pada saat olahraga. Pemanasan bisa dilakukan lima menit sebelum latihan dengan cara peregangan otot kaki, lengan, dan kepala, lalu dilanjutkan dengan berlari-lari kecil. Sedangkan pendinginan bertujuan untuk menstabilkan kembali suhu tubuh dan detak jantung. Lakukan pendinginan sesudah latihan dengan duduk relaks sejenak, lemaskan otot-otot tubuh.
3. Kontrol Kesehatan
Salah satu tujuan olahraga ialah mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Oleh karena itu, jangan sepelekan masalah kesehatan anda. Artinya, tidak memaksakan diri untuk berolahraga pada saat kesehatan anda sedang menurun. Cek kondisi kesehatan anda, jika kurang sehat, segera berobat. Dan lakukan olahraga sepeda sebagai langkah pemulihan pasca sakit.
4. Static Bike
Alternatif lain olahraga sepeda bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu luang ialah dengan memanfaatkan fasilitas alat fitness berupa sepeda statis. Dengan demikian, bersepeda tetap bisa anda lakukan di dalam rumah, atau kantor dengan bantuan sepeda statis. Terdapat banyak pilihan dan model sepeda statis yang di jual di toko-toko alat fitness di kota anda.
Terakhir saya ucapkan, Selamat mencoba, dan semoga niat anda untuk menurunkan berat badan akan tercapai dengan sedikit panduan yang saya berikan. Kritik dan saran, saya tunggu di bawah.....
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Mata Huruf - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger